1. mungkinkah persaingan dalam dunia kerja terjadi?

Persaingan Dunia Kerja Yang Sering di Alami Karyawan


Sering kali kita menemukan persaingan, terutama dalam dunia kerja. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pekerja yang mendaftar dan ketersediaan posisi dalam sebuah perusahaan yang tidak sebanding. Mungkin juga tidak memilikinya kriteria kualifikasi yang diinginkan perusahaan tersebut.

Lalu seperti apa saja persaingan dalam dunia kerja yang sering ditemui oleh para karyawan ?

1. Persaingan Negatif

Persaingan negatif dilakukan dengan berbagai cara yang bertentangan dengan nilai dan norma sosial yang berlaku. Di persaingan jenis ini, karyawan tidak memikirkan lagi mana yang benar dan mana yang salah atau tepat dan tidak tepat dalam melakukan proses kerja. Yang dituju adalah sasaran yang tinggi agar dapat memenangkan kompetisi yang ada.

2. Persaingan Positif

Sebaliknya, persaingan positif bisa dilakukan dengan cara-cara yang sejalan dengan norma yang berlaku di lingkungan sosial. Hal ini dapat memacu semangat para karyawan untuk berlomba mengeluarkan energi dan keterampilan kerja yang dimiliki agar dapat memberikan hasil kerja yang lebih baik lagi.

3. Perusahaan Besar

Persaingan justru lebih banyak dihadapi di perusahaan besar yang mempunyai kantor di tiap-tiap daerah. Misalnya, banyak karyawan daerah yang ingin bekerja di kantor pusat pastinya dia harus berhadapan dengan karyawan satu perusahaan yang berasal dari daerah lainnya.

4. Saat Kenaikkan Jabatan

Persaingan selanjutnya sering kali terjadi saat promosi atau kenaikkan jabatan diberikan.Tentunya banyak karyawan yang ingin dipromosikan oleh pimpinan, terlebih lagi bagi mereka yang sudah lama bekerja.

5. Masa Percobaan

Masa percobaan atau Probation juga menjadi salah satu bentuk persaingan yang kerap kali dihadapi para karyawan. Masa percobaan di setiap perusahaan umumnya berbeda-beda mulai dari kurun waktu tiga bulan hingga satu tahun. Disinilah para pekerja akan berhadapan dengan persaingan di dunia kerja yang lebih berat.

6. Tes Psikologi dan Wawancara

Jika perusahaan tertarik dengan CV yang dikirimkan, maka calon karyawan akan dipanggil untuk menjalani serangkaian tes psikologi dan wawancara. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kandidat tersebut memang layak diterima sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Kandidat yang berhasil terpilih  bisa langsung bekerja, sedangkan bagi yang tidak terpilih harus mencobanya lagi diperusahaan lain.

7. Membuat Lamaran Kerja

Setiap orang yang ingin bekerja di suatu perusahaan tentunya harus membuat lamaran pekerjaan atau curriculum vitae (CV) sertra berkas-berkas lain yang diminta sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh perusahaan. Biasanya perusahaan akan memilih kandidat yang berpotensi melalui lamaran pekerjaan yang dibuatnya.

TIPS MENGHADAPI PERSAINGAN DALAM DUNIA KERJA

Persaingan kerja bisa memacu seseorang untuk melakukan pekerjaannya sebaik mungkin dan berkontribusi lebih untuk memajukan perusahaan. Namun di sisi lain, persaingan kerja dapat memperburuk suasana kerja dengan adanya deadline ketat atau keharusan untuk mencapai target standar yang ditentukan. Lantas bagaimana menyikapi persaingan kerja tersebut ? Berikut tipsnya.

1. Jadilah Layak Promosi

Untuk menghindari terjadi persaingan tak sehat antar sesama rekan kerja, cobalah menjadi seseorang yang memang layak untuk dipromosikan (deserved person). Fokus juga pada pekerjaan yang dilakukan dan tunjukkan prestasi yang telah diraih kepada pimpinan.

2. Tunjukkan Etika Kerja

Banyak orang yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk naik jabatan. Namun, dengan menggunakan berbagai cara mereka berhasil mendapatkannya, sementara anda yang sudah bekerja keras tetap tidak mendapatkan promosi apapun. Namun jangan pernah melakukan dengan cara seperti ini, tetap tunjukkan etika kerja dan etika bergaul dengan pemimpin dan rekan kerja dengan positif sambil terus meningkatkan kualitas atau mutu kerja.

3. Kembangkan Kemampuan

Mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara perlahan akan menjauhkan diri dari persaingan. Caranya adalah dengan mencari peluang baru dan meningkatkan atau memunculkan potensi diri yang terpendam sehingga menghasilkan kemampuan dan kualitas jati diri yang diatas rata-rata.

4. Lebih Waspada

Jika anda mengetahui bahwa ada orang yang ingin atau sengaja menjatuhkan, hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih waspada sehingga timbul dorongan untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki. Hadapilah hal ini dengan respon positif dan sikapi dengan hati yang bersih agar tak ada pihak yang merasa dirugikan. Dengan demikian, jika ada orang-orang yang berusaha untuk menjatuhkan kita justru situasi tersebut bisa dmanfaatkan untuk mengembangkan kualitas diri yang dimiliki.

5. Milikilah Sudut Pandang Yang Positif

Memang banyak orang-orang yang memiliki segala cara dan memiliki tujuan negatif dalam setiap persaingan. Sebagai seorang individu, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap memiliki sudut pandang positif dan hati yang bersih. Jika kedua hal itu sudah dimiliki, dapat dipastikan bahwa persaingan bisa dihindari.


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post