1. BURSA MAGANG BENTUK DUKUNGAN NYATA UNTUK MASYARAKAT


        Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia, pemerintah terus berupaya menyelenggarakan program-program untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Peningkatan kualitas sumber daya dimaksud bertujuan guna memastikan ketersediaan sumber daya manusia terampil dan kompeten pada level menengah yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui SMK. Fasilitasi kebekerjaan lulusan SMK menjadi prioritas pemerintah untuk memastikan bahwa lulusan SMK yang telah dibekali dengan keterampilan dapat berkarya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.




Baca Juga Daftar Pekerjaan Yang Cocok Setelah Lulus Sekolah !




        Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah lembaga yang dibentuk di SMK, Politeknik/Universitas, dan Lembaga pelatihan yang menjadi mitra lembaga pemerintah sebagai unit pelaksana yang melakukan kegiatan/memberikan layanan bagi peserta didik dan lulusan berupa informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, penyuluhan dan bimbingan jabatan, penyaluran dan penempatan kerja.




Baca Juga Mungkinkah Persaingan Dalam Dunia Kerja Terjadi ? !




        Selain penempatan lulusan, Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus juga berfungsi meningkatkan pemahaman dunia usaha atau industri terhadap kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh lulusan yang sesuai jenis pekerjaan atau posisi jabatan yang tersedia di dunia usaha atau industri, serta untuk pencapaian target persentase lulusan yang bekerja pada tahun kelulusan. Fungsi tersebut bisa dicapai melalui pemasaran tamatan atau job matching. Dengan menyelenggarakan job matching, Pusat Pengembangan Karir Siswa Bursa Kerja Khusus (BKK) dapat menjembatani antara pencari kerja lulusan pendidikan vokasi dengan Penyedia lapangan kerja. Pusat Pengembangan Karir Siswa atau Bursa Kerja Khusus menjadi komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan vokasi salah satunya di SMK. Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa penting untuk melakukan fasilitasi pembentukan/penguatan Pusat Pengembangan Karir Siswa/Bursa Kerja Khusus SMK.

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post